Pengendalian Nafsu Adalah Jalan Agar Mendapatkan Kebahagiaan

Suara Hati - Pengendalian Nafsu Adalah Jalan Agar Mendapatkan Kebahagiaan, Pada hakekatnya semua manusia ingin hidup bahagia, untuk ...

Pengendalian-Nafsu-Adalah-Jalan-Agar-Mendapatkan-Kebahagiaan

Suara Hati - Pengendalian Nafsu Adalah Jalan Agar Mendapatkan Kebahagiaan, Pada hakekatnya semua manusia ingin hidup bahagia, untuk memenuhi keinginan tersebut banyak beredar buku teori atau ajaran tentang bagaimana cara agar manusia dapat hidup bahagia, tapi kenyataanya masih banyak manusia yang merasa hidupnya kurang bahagia, itu disebabkan karena dari teori yang sudah beredar tersebut kebanyakan hanya mengajarkan tentang langkah-langkah agar bisa tercapainya ambisi manusia yang bersifat duniawi, dengan harapan manusia bisa hidup bahagia, dan akhir-akhir ini juga mulai bermunculan spiritualis abal-abal yang ajaranya mengharuskan manusia melakukan ritual-ritual tertentu yang tidak masuk akal dan menyesatkan.

Kebahagiaan bukan ada pada materi, bukan dari hasil ritual atau bukan ada pada tempat tertentu. Teori-teori diatas hanya menghasilkan kebahagiaan yang bersifat sementara, sedangkan yang dinamakan kebahagiaan hakiki hanya ada pada dalam diri manusia itu sendiri, yaitu kebahagiaan rohani. Materi hanya memuaskan keinginan nafsu yang bersifat sementara, ritual hanya mengendalikan hawa nafsu yang bersifat sementara juga, karena kita tidak bisa seharian hanya melakukan ritual, dan kebahagiaan rohani tidak bisa didapatkan dengan jalan mencari, karena mencari adalah juga salah satu sifat dari nafsu.

Kebahagiaan akan datang dengan sendirinya karena memang sudah ada dalam diri semua manusia, masalahnya bagaimana agar kebahagiaan yang ada dalam diri ini bisa muncul dan kita bisa merasakan, tidak ada jalan lain kecuali dengan Sikap, yang dimaksud penulis adalah sikap yang benar dalam menghadapi hidup ini, karena dengan bersikap benar akan melahirkan langkah yang benar, dan langkah yang benar akan menimbulkan rasa bahagia yang selama ini tertutupi oleh keinginan nafsu duniawi yang tak pernah terpuaskan, agar bisa bersikap benar sangat dibutuhkan pengendalian nafsu, iri, dengki, marah, serakah dan masih banyak sifat-sifat nafsu lainya. 

Suatu saat kita menghadapi masalah yang tidak kita inginkan, pada saat itulah dibutuhkan sikap yang benar agar bisa menghasilkan langkah yang benar pula, kita harus bisa menerima kenyataan tersebut baru menentukan langkah selanjutnya, bukan malah berdebat dengan kenyataan yang sudah terjadi. Anda sedang berada pada suatu antrian membeli ticket, lalu Anda dengan seenaknya menyerobot kedepan, saat itu Anda hanya akan terpuaskan dengan rasa senang yang bersifat sementara karena Anda tidak bisa memaksa kebahagian menghampiri Anda apa bila rohani terdapat rasa bersalah akibat dari sikap Anda yang tidak bisa mengendalikan nafsu untuk bersabar.

Sampai disini jelas kebahagian bukan dari hasil tercapainya keinginan tertentu, atau berasal dari luar diri kita, kebahagiaan adalah hasil dari sikap benar yang melahirkan langkah benar yang tidak dikendalikan oleh nafsu, yang akhirnya menimbulkan kebahagiaan rohani dalam diri kita, itulah kebahagiaan yang sebenarnya. Jadi kesimpulanya Kebahagiaan ada dalam langkah-langkah dalam hidup ini yang tidak dikendalikan oleh hawa nafsu. 

Jangan dikira penulis setiap hari berjalan dengan tersenyum dan wajah penuh kebahagiaan, tidak! Karena penulis sendiri tanpa menyadari sering menolak kebahagiaan karena kurang bersikap benar dalam menghadapi hidup ini, sehingga langkah yang diambil sering salah, dan pembaca mungkin tersenyum sinis membaca tulisan ini, itulah fakta, memang kita harus selalu berusaha memperbaiki diri tapi ingat ada beberapa hal dari sikap kita yang harus diterima dengan bahagia. Semoga bermanfaat.



  • Perkecillah dirimu, maka kau akan tumbuh lebih besar dari dunia. Tiadakan dirimu, maka Jati dirimu akan terungkap tanpa kata-kata.[Rumi]

Artikel Yang Lain

0 komentar

Admin Menerima Komentar Dengan Bebas, Mengumpat, Memaki Dan Sejenisnya Dipersilahkan Asal Jangan Meninggalkan Link Hidup | Isi Komentar Menjadi Tanggung Jawab Pengirim.