Mewujudkan Janji Hati Adalah Salah Satu Perilaku Spiritual

Suara Hati - Mewujudkan Janji Hati Adalah Salah Satu Perilaku Spiritual, Bila ditepati atau dingkari memang tidak ada orang lain yang ...

Mewujudkan-Janji-Hati-Adalah-Salah-Satu-Perilaku-Spiritual

Suara Hati - Mewujudkan Janji Hati Adalah Salah Satu Perilaku Spiritual, Bila ditepati atau dingkari memang tidak ada orang lain yang tahu bila sebelumnya janji tersebut tidak diceritakan pada orang lain, tapi jangan dikira tidak ada dampaknya, karena janji hati sama dengan ingin memenuhi tuntutan diri sendiri. Tidak sedikit orang yang meremehkan janji hatinya sehingga sering tidak menepatinya, itu sama dengan membiasakan tidak mau mewujudkan keinginan diri sendiri. Jangan heran kalau keinginan diri sendiri sering kali tidak bisa terwujud, itulah dampak apa bila kita sering tidak mau melaksanakan janji hati.

Biasanya janji hati sering kita laksanakan apa bila berhubungan dengan hal yang menyenangkan, tapi bila berhubungan dengan hal yang membutuhkan pengorbanan dengan tidak sadar kita sering mengingkari. Suatu saat kita mempunyai uang recehan, lalu dalam hati kita berbicara “kalau ada orang minta-minta uang ini nanti akan saya berikan”, ini adalah sudah termasuk salah satu bentuk janji hati, beberapa saat kemudian ada orang pengemis, kebetulan pengemis tersebut bersikap kurang sopan dengan kita, lalu ego kita terusik sehingga tidak mau mewujudkan janji hati kita.

Contoh diatas adalah salah satu faktor yang membuat kita sering mengingkari janji hati, sebetulnya banyak kasus dan faktor lain yang sering tidak kita sadari. Beda dengan para pelaku spiritual yang sangat menjaga hatinya, jangankan berjanji, berkata atau mengumpat dalam hati biarpun tidak ada orang lain yang tahu akan segera beristighfar. 

Dan mulai sekarang marilah kita selalu belajar berusaha mewujudkan setiap janji hati kita, baik janji yang berhubungan dengan hal yang menyenangkan maupun janji yang membutuhkan pengorbanan apa lagi janji yang bertujuan ibadah, tentunya janji yang tidak melanggar norma agama maupun norma hukum yang berlaku, sebab jangan sampe keliru janji yang melanggar larangan agama maupun berniat melanggar norma hukum itu bukan janji hati tapi keinginan nafsu yang ingin menjerumuskan kita, jangan karena hawa nafsu atau ego menguasai diri kita lalu mengabaikan janji hati, ingat para pelaku spiritual akan selalu menjaga hatinya dari pengaruh hawa nafsu. Dan semoga kita tidak termasuk golongan orang yang suka mengingkari janji hati. Semoga bermanfaat.



  • Bagi siapa yang menggosok hatinya hingga kilap, maka bentuk-bentuk Yang Tak Terlihat semakin nyata baginya. [Rumi]

Artikel Yang Lain

0 komentar

Admin Menerima Komentar Dengan Bebas, Mengumpat, Memaki Dan Sejenisnya Dipersilahkan Asal Jangan Meninggalkan Link Hidup | Isi Komentar Menjadi Tanggung Jawab Pengirim.