Kesalahan Juga Dapat Membawa Anda Pada Kebenaran

Suara Hati - Kesalahan Juga Dapat Membawa Anda Pada Kebenaran, Berbahagialah orang yang bisa merasa bersalah, karena dengan merasa...

Kesalahan-Juga-Dapat-Membawa-Anda-Pada-Kebenaran

Suara Hati - Kesalahan Juga Dapat Membawa Anda Pada Kebenaran, Berbahagialah orang yang bisa merasa bersalah, karena dengan merasa bersalah orang tersebut bisa mendapatkan kebenaran. Yang dimaksud penulis pada kalimat diatas bukan berarti manusia harus berbuat salah, dengan merasa bahwa perbuatanya salah berarti kita tahu mana yang benar dan mana yang salah, orang yang merasa perbuatanya salah akan berusaha memperbaiki agar perbuatanya menjadi  benar. Coba kita bandingkan dengan orang yang merasa perbuatanya paling benar, karena merasa paling benar orang tersebut tidak mengenal apa yang namanya salah kecuali kalau sudah mendapat kritikan, itupun kalau mau menerima kritikan, jangan-jangan orang yang mengeritik malah dianggap membencinya.

Memang manusia harus selalu berusaha untuk berbuat baik dan benar agar mendapatkan kebahagiaan yang diinginkanya, tapi akan menjadi masalah bila manusia sudah merasa paling baik dan benar, ego akan tumbuh semakin tinggi, sombong, otoriter, haus akan pujian dan perangai buruk lainya, itulah dampak yang tidak disadari bila merasa perbuatnya paling baik dan benar. Suatu saat kita berkendara dijalan raya, tiba-tiba dari arah berlawanan ada pengendara lain yang memasuki jalur yang kita lewati, karena merasa sudah benar kita tidak mau mengalah dan berujung tabrakan, padahal kalau ego kita mau mengalah sedikit tidak akan terjadi kecelakaan. Apalagi kalau rasa paling benarnya sudah menyangkut agama, membunuhpun akan menjadi legal.

Ajaran agama telah mengatakan, berbahagialah orang-orang yang menyucikan hatinya, kalau bersalah akan meminta ampun dan Tuhan-pun akan memberinya petunjuk, dari sini jelas kesalahan juga dapat membawa Anda pada kebenaran bila mau merasa salah dan minta ampun, mana mau meminta ampun kalau sudah merasa paling benar. Dan Tuhan akan lebih menyayangi manusia yang merasa berbuat salah lalu meminta ampun dibandingkan dengan manusia yang merasa paling benar dari perbuatan yang dilakukanya. 

Pada hakekatnya manusia akan selalu berbuat dholim tanpa petunjuk yang diberikan Tuhan-nya, janganlah petunjuk yang diberikanya menjadikan kita sebagai manusia yang merasa paling baik dan benar serta sombong. Semoga kita bukan termasuk dari golongan orang-orang tersebut. Mari kita jauhkan diri dari sikap merasa paling benar sendiri. Mari kita jauhkan diri dari sikap dan sifat yang selalu melihat orang lain salah  karena orang yang berbuat salahpun dapat menuju pada kebenaran atas petunjuk yang diberikan Tuhan. Semoga bermanfaat.



  • Kesalahan juga dapat membawa Anda pada Kebenaran, Ketika Anda mau bertanya pada-Nya, dan jawabannya akan Anda terima.[Kang Sar]

Artikel Yang Lain

0 komentar

Admin Menerima Komentar Dengan Bebas, Mengumpat, Memaki Dan Sejenisnya Dipersilahkan Asal Jangan Meninggalkan Link Hidup | Isi Komentar Menjadi Tanggung Jawab Pengirim.